MI Nurul Hikmah Krandon

Mempererat Silaturahmi lewat Web, silahkan kunjungi situs kami

  • Selamat datang

  • LOGO PEMKOT TEGAL

  • Logo Kemenag Kota Tegal

  • Logo Depdikbud Kota Tegal

  • Logo MINHK

  • LOGO BADKO KOTA TEGAL

  • Pengurus Yayasan MINHK

  • Kepala Madrasah

  • Guru MINHK

  • Penjaga Sekolah

Profil Madrasah

MI NURUL HIKMAH KRANDON

KEL. KRANDON KEC. MARGADANA KOTA TEGAL

A. Sejarah berdirinya MINHK

MI Nurul Hikmah

Suatu hal yang sudah sewajarnya bila suatu lembaga itu memiliki segi – segi historis tersendiri. Karena lembaga itu memiliki tujuan tersendiri.Demikian pula MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal mempunyai latar belakang historis yang khusus.

Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah merupakan salah satunya lembaga pendidikan Formal yang ada di lingkungan masyarakat Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal. Madrasah ini berdiri pada tahun 1979 yang dirintis oleh beberapa tokoh di daerah setempat.Bapak Kamali Aziz, K.Abdul Wahab, H.Abu Tholib dengan pelindung oleh Kepala Desa Krandon Tirnojo.Awal mulanya proses kegiatan belajar mengajar dilakukan oleh Bapak Kamali Aziz, beliau adalah seorang tokoh agama yang masih muda yang berdomisili di desa krandon.

Berawal dari hal tersebut oleh Bapak Kamali Aziz adalah seorang tokoh masyarakat yang juga tokoh agama di desa krandon yang sangat terkenal, beliaulah yang telah sukses mendirikan Madrasah di wilayah margadana yang diberi nama MI Nurul Hikmah. Melihat situasi dan kondisi yang di lakukan oleh Bapak Kamali Aziz gagasan untuk mendirikan Madrasah di desa Krandon, maka selanjutnya Bapak Kamali Aziz mengumpulkan tokoh masyarakat desa krandon untuk di ajak musyawarah, akhirnya hal tersebut dapat di setujui dan di sepakati untuk mendirikan gedung Madrasah.

Oleh karena keterbatasan dari pengetahuan dari tokoh masyarakat desa krandon, maka di tunjuklah Bapak H. Abu Tholib sebagai ketua pelaksana pendirian gedung dan Bapak Abu Yamin sebagai Kepala Madrasah, di bantu oleh Bapak Kamali Aziz dan Bapak Rustam Achmadi dari desa krandon dan masyarakat setempat.

Pembangunan gedung sekolah adalah hasil kerjasama dan secara gotong royong oleh masyarakat desa krandon, bantuan dari para dermawan, tokoh masyarakat dan masyarakat kecil ikut menyumbang sesuai dengan keikhlasannya. Akhirnya pada tahun 1979 berdirilah gedung Madrasah.

Dalam perkembangannya, gedung Madrasah direnovasi yang akhirnya didirikan 6 lokal. Adapun Faktor yang melatar belakangi berdirinya MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan mewujudkan Kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. berjuang demi tegaknya agama Islam
  3. Mencetak generasi muda islam ala ahlussunah wal jamaah yang berakhlakul karimah.[1]

B. Letak Geografis

Madrasah Ibtidaiyah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal merupakan sekolah tingkat dasar di bawah naungan Departemen Agama yang beralamatkan di jalan Ki Ageng Tirtayasa No 02 desa krandon kecamatan margadana tegal.Adapun lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah terletak pada geografis yang sangat cocok untuk prses belajar mengajar yang terletak di tengah pemukiman penduduk. Madrasah ini di bangun dengan pertimbangan tata letak bangunan yang memberikan kenyamanan untuk belajar. Hal ini dapat di lihat dari tata letak ruang belajar yang agak jauh dari jalan raya sehingga kebisingan dari kendaraan bermotor dan kendaraan umum yang melintasi jalan raya apat diminimalisir dan siswa tetap belajar dengan nyaman.

Adapun batas – batas dari komplek MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal adalah sebelah utara berbatasan dengan jalan raya, sebelah barat berbatasan dengan jalan Ir Juanda, sebelah selatan berbatasan dengan makam, sebelah timur berbatasan dengan SD 2 Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal.[2]

C. Dasar, Visi, Misi dan Tujuan MI Nurul Hikmah

Lembaga pendidikan MI Nurul Hikmah Krandon kecamatan Margadana merupakan lembaga penyelenggara pendidikan formal di bawah naungan Departemen Agama. Lembaga ini didirikan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, disiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, dan terampil yang berdasarkan Pancasila dan Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia dan sebagai sekolah yang berbasis agama islam untuk membentuk perilaku yang berdasarkan Al Qur’an dan Hadits sebagai landasannya.

Adapun Tujuan Pendirian MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal, adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta berakhlak mulia.
  2. Meningkatkan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
  3. Meningkatkan dasar – dasar pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  4. Mengenalkan dan mencintai bangsa, masyarakat dan seni budaya.
  5. Mengembangkan kreatifitas dan ketrampilan serta bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus ( berkesinambungan ).
  6. Mengembangkan Ilmu pengetahuan dan teknologi dasar.
  7. Mendukung pelaksanaan pembangunan daerah maupun nasional.
  8. Mengembangkan Visi, Misi, Tujuan sekolah, kondisi dan ciri khas sekolah.

Selain dasar dan tujuan, MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal juga mempunyai Visi dan Misi.

Visi MI Nurul Hikmah Krandon Kecamatan Margadana Kota Tegal adalah :

Terwujudnya Generasi Muslim yang Cerdas, Terampil, Takwa dan Berprestasi.

Misi MI Nurul Hikmah “Menjadikan siswa belajar PAKEM ( Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ) dengan :

–            Pembinaan perilaku sesuai dengan ajaran Agama Islam dan falsafah pancasila

–            Mengembangkan intelektual dengan melaksanakan proses belajar mengajar yang pakem dan CTL.

–            Mengembangkan ketrampilan dasar dengan pelatihan sesuai dengan perkembangan anak.

–            Mewujudkan warga sekolah yang memiliki sikap dan perilaku cinta lingkungan dalam program

Sekolah Hijau ( Green School ).

–             Membentuk citra madrasah sebagai mitra terpercaya di masyarakat

–            Mensukseskan program wajar 9 tahun dan memotivasi siswa agar dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tingi

–             Berusaha menyatukan sekolah dengan masyarakat.

–            Mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa madrasah adalah tanggung jawab kita bersama.[3]

D. Struktur Organisasi

Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon adalah sekolah dibawah naungan Departemen Agama setingkat SD, yang berciri khas agama islam, tentunya mempunyai susunan kerja atau struktur organisasi yang bertanggung jawab pada tugasnya masing – masing demi kelancaran aktivitas belajar mengajar dan terselenggaranya pendidikan yang kondusif di MI Nurul Hikmah Krandon.

E. Keadaan Guru dan Karyawan

Kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon di selenggarakan pada waktu pagi hari, di mulai pada pukul 07.00 – 13.00 WIB, menyadari sangat pentingnya tenaga kependidikan dan keberhasilan proses belajar mengajar, lembaga pendidikan ini benar – benar memperhatikan mutu guru. Hal ini dibuktikan dengan tenaga pengajar yang mengajar di lembaga ini yaitu hampir semua guru berlatar belakang pendidikan dan mereka mengampu bidang study yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Jumlah tenaga seluruhnya ada 10 orang guru dan 3 orang karyawan.[4]

Adapun Daftar Nama Guru MI Nurul Hikmah adalah sebagai berikut:

DAFTAR NAMA GURU MI NURUL HIKMAH KRANDON TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

No. Nama Guru Pendidikan Jabatan
1.2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

Aly Shodikin, S. Pd.Suparmi

Siti Aminah, S.PdI

Dawud

Saprotun, S.PdI

Samsul Arifin, A. Ma.

Siti Ety Marhamah, A. Ma

Faroh Faridah, S. Pd

Anurisah, A. Ma

Ahmad Zaini

Sri Hariyanti

S1SLTA

S1

MAN

S1

D2

D2

S1

D2

MAN

SMK

Kepala SekolahGuru Kelas Ia

Guru Kelas Ib

Guru Mapel Agama

Guru Kelas IIb

Guru Mapel

Guru Kelas III

Guru Kelas IIa

Guru Penjaskes

Guru Kelas VI

Guru Kelas IV

F. Keadaan Siswa

1. Idiologi

Siswa beragama Islam, siswa harus tanggap terhadap apa yang di ajarkan dan mau mengamalkan ajarannya pada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, mau mempraktekan dalam kehidupan sehari – hari di rumah dengan ikhlas menjalankannya tanpa di perintah oleh orang tua.

2. Ekonomi

Siswa berusaha memnuhi sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancer tanpa terganggu dengan tidak adanya sarana dan prasarana. Dengan begitu siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik tanpa hambatan apapun. Apabila sarana dan prasarana seorang siswa tidak terpenuhi, maka dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran.

Untuk menyikapi hal tersebut, tentunya orang tua sangat berperan penting dalam memenuhi kebutuhan sekolah anaknya, sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dapat memupuk semangat anaknya dalam belajar. Kebutuhan sekolah tersebut seperti sepatu, tas, buku dan segala sesuatu lainnya untuk menunjang tingkat pendidikan anak. Akan tetapi, selain kebutuhan – kebutuhan tersebut, orang tua harus juga selalu memberikan perhatian khusus dan dukungan baik moral maupun spiritual kepada anaknya agar segala sesuatu dalam mencapai pendidikan dapat terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, orang tua tidak sia – sia mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya.

3. Sosial

Dilihat dari kondisi social, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan siswa untuk meningkatkan perkembangan dirinya, antara lain yaitu :

  1. Siswa mampu beradaptasi dalam kegiatan pembelajaran
  2. Siswa memiliki minat belajar yang tinggi dan lebih kreatif
  3. Siswa mampu menyalurkan atau mengamalkan ilmunya pada orang lain untuk menjadi diri yang bermanfaat
  4. Siswa memiliki semangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
  5. Siswa mampu beradaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya, baik terhadap teman – temannya maupun terhadap guru.
  6. Siswa harus mempunyai toleransi dan rasa persaudaraan yang tinggi terhadap siapapun, terutama terhadap teman – temannya.

4. Budaya

Dalam hal ini, siswa harus mengikuti tatanan di sekolah dan membiasakan diri terhadap suatu tatanan yang ada. Dengan begitu, siswa akan mampu menjaga tingkah laku atau perbuatan dalam menjalani kehidupan sehari – hari, baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Contohnya :

  1. Siswa harus mengucapkan salam jika bertemu dengan guru di jalan, sebaliknya guru harus menjawabnya.
  2. Setiap kali bel berbunyi sebagai tanda masuk ke kelas, siswa bersiap – siap berbaris untuk memasuki ruangan.
  3. Siswa bersalaman dengan guru, baik waktu memasuki ruangan maupun meninggalkan ruangan.
  4. Hankam

Dalam hal ini, siswa berpartisipasi menjaga kelancaran proses pembelajaran dan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah. Siswa tidak boleh melanggar apalagi membuat onar di lingkungan sekolah dan para gurunya. Tata tertib yang ada di sekolah bertujuan untuk membatasi perilaku siswa agar tidak berbuat seenaknya dan mendidik siswa untuk selalu berbuat baik, serta menanamkan akhlak mulia pada siswa.

Pada lingkungan sekolah, misalnya siswa harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan menyapu halaman dan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu siswa harus tanggap terhadap tata tertib yang ada di sekolah.

Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Krandon kecamatan margadana kota tegal pada tahun pelajaran 2011/2012, jumlah siswa secara keseluruhan adalah 238 siswa, yang terdiri dari 46 siswa kelas I, 50 siswa kelas II, 40 siswa kelas III, 27 siswa kelas IV, 38 siswa kelas V dan 37 siswa kelas VI.[5]

G. Keadaan Sarana dan Prasarana

Dalam dunia pendidikan, sarana dan prasarana memegang peranan penting didalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Bahkan saran dan prasarana mutlak di perlukan karena semakin lengkap sarana yang ada dalam suatu sekolah semakin menunjang proses belajar mengajar. Tanpa adanya sarana dan prasarana didalam pendidikan maka proses pembelajaran itu tidak akan berlangsung sebagaimana kondisi yang ideal dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.Sarana dan prasarana tersebut meliputi :

1. Bangunan Madrasah

Bangunan mencakup semua bangunan atau gedung yang ada di MI Nurul Hikmah Krandon, baik ruang kelas maupun jumlah bangunan lain yang merupakan penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan di MI tersebut yang bersifat permanen, diantaranya ruang belajar atau kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, kamar mandi / WC, ruang laboratorium, ruang computer, ruang UKS dan mushola.

2. Alat – alat pembelajaran

Tersedianya ruang atau gedung saja tidak cukup, masih banyak peralatan yang masih berhubungan dengan proses kegiatan belajar mengajar, karena tanpa adanya alat – alat , kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan dengan sempurna. Adapun alat – alat tersebut yaitu :

No Jenis Perlengkapan Banyaknya
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

21.

22.

Meja kursi belajar siswa

Meja kursi kepala sekolah

Meja kursi guru

Meja kursi tamu

Papan tulis

Papan pengumuman

Papan statistik

Almari

Gambar presiden dan wakil presiden

Gambar Pancasila

Mesin ketik

Komputer

Laptop

Jam dinding

Bel

Alat peraga IPA

Alat Olahraga

Alat kesenian

Peta

Globe

Kipas angin

AC

150 set

1 set

12 set

1 set

6 buah

2 buah

2 buah

12 buah

10 pasang

6 buah

2 buah

8 unit

1 buah

12 buah

1 buah

6 set

4 set

1 set

5 buah

4 buah

10 buah

1 buah


[1] Hasil wawancaraBapak Rustam Achmadi,S.PdI,Kepala MI Nurul Hikmah pada tanggal 15 Agustus 2009

[2] Hasil wawancara Bapak Rustam Achmadi,S.PdI,Kepala MI Nurul Hikmah pada tanggal 19 Agustus 2009

[3] Hasil wawancara Bapak Rustam Achmadi,S.PdI,Kepala MI Nurul Hikmah pada tanggal 22 Agustus 2009

[4] Hasil wawancara Bapak Rustam Achmadi,S.PdI,Kepala MI Nurul Hikmah pada tanggal 25 Agustus 2009

[5] Hasil wawancara Bapak Rustam Achmadi,S.PdI,Kepala MI Nurul Hikmah pada tanggal 26 Agustus 2009

Iklan

16 Tanggapan to “Profil Madrasah”

  1. yazede said

    Ikut bangga, sebuah madrasah di kota tegal memiliki web site sendiri. BTW, akan lebih baik lagi bila tampilan dan contennya digarap lebih serius. Terima kasih

    Yaz Muttaqin
    Mapenda Kota Tegal

  2. Ass Wr WB………
    Sukses ya………………………………………..
    Mudah-mudahan bisa berkembang menjadi lebih baik…………………
    Salam

  3. Faroh Faridah said

    Semoga MINHK tetap jaya, bisa menciptakan kader-kader muslim sejati… Amin

  4. draup cikrik said

    asslmkm.waw, oke bwanget gitu loo !
    aku ingin generasiku ku titipkan di madrasah itcuw,karena dapat dua2nya, agam dan umumya, pokoknya siip banget.kalau gak ikutan rugi dunia akherat.

  5. shidiq aljawie said

    Ass.Wr.Wb Salam hormat saya kepada Pak Abuyamin,kepSek yang santun dan slalu lembut,dan Salam salut kepada Pak Rustam Achmadi,wali kelasku yang hebat,cerdas dan kreatif dan slalu sabar dalam mendidik,dan salam kenal buat guru2 yg baru, bagi saya MI nurul hikmah krandon,penuh dengan kenangan yg takkan terlupakan, saya ada usul,agar secepatnya dibentuk panitia untuk mengadakan acara reuni akbar dari angkatan pertama jadi saya ada alasan untuk pulang kampung. Salam kangen dari muridmu ini (angkatan pertama). Wassalam.wr.wb.

  6. shidiq aljawie said

    Ass.wr.wb. Salam hormat kepada Pak Rustam Ahmadi,Pak Abuyamin,Ibu Suparmi dan Ibu Aminah,serta salam kenal buat bapak/ibu guru yang belum saya kenal, saya mau usul,supaya dibentuk panitia untuk mengadakan reuni akbar dari angkatan pertama,biar nanti ada alasan untuk pulang kampung,begitu saja usulan dari saya.Wassalam.wr.wb. By : (angkatan pertama).

  7. BACHTIAR YUSUP said

    BEREES ACH….
    CILIK-CILIK WIS WANI DOLANAN WEBSITE DEWEK…

  8. abdul manaf said

    Ass.wr.wb salam hormat kepada kepsek yang saya hormati bpk.Rustam Achmadi..
    saya selaku mantan siswa MI NURUL HIKMAH mengucapkan Menunaikan Ibadah puasa…

    salam serta hormat saya kepada pengurus Madrasah MI NURULHIKMAH …
    salam kangen wat kalian smua terutama kepada.
    1. Bpk.Rustam
    2. Bpk.daud
    3. Bpk.Samsul
    4. Ibu.siti aminah
    5. ibu.atun
    6. ibu.suparmi
    buat smua yang saya tidak bisa sebutkan satu persatu.. saya mengucapkan banyak terimakasih atas didikan yang anda berikan kepada saya..
    saya sangat senang sekali bisa berada di forum ini.. karna mengingatkan pada masa kecil saya..???

  9. Yana Mulyana said

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Sukses tuk MINHK. terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman,

    moga menjadi sekolah yang unggul disemua bidang. amin

    Wassalam.

    Yana. M
    Cikarang-Bekasi

  10. maria ulfah said

    wwooooowww
    subhanaAllah qeren ni skul, tampilan web nya jah woookeehh py… kreative jg ni skul
    sukses trus wt MI NHK

    Salam

  11. nur kholik said

    aslamualaikum aku sangat banga. . skali . . . ada nya MI NURUL HIKMAH . . TRIMA KASIH BUAT GURU”KU. . .YG SUDAH MENDIDIK. ,AKU. . .

  12. ustad efendi ghosali cakung said

    pada ngomong apa wong ora ngarti wakaf jd yayasan koen piben donge..coba anda buka kitab i’anatu’tholibien (syarah kitab fathul mu’ien) bab wakaf

  13. ustad efendi ghosali cakung said

    woro woro…!!!!!!! omong punya omong kapan nihhhhhh……….. pergantian kepengurusan yayasan……………..????????????????????

  14. ari putu abas gang melati 1 said

    Di sana lah saya belajar,Ƙangenn rasa y ama guru2 ku,apa lagi sama bi wasri yg jualan bubur samping sekolah,bi waroh depan sekolah,truz tukang cilok cink ndsit mang walim,╋╋ム╋╋ム=D╋╋ム╋╋ム…

  15. kusni said

    Q sngt mnyukai mi nurul hikmah krandon..gurunya sngt bgus&slo sbr dlm mndidik ank muridnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: